Friday, October 3, 2014

Bunga Mawar

Mawar merupakan jenis tanaman hias yang paling banyak diminati. Bunga mawar sangat terkenal karena aroma dan keindahannya yang khas, sehingga banyak orang menjulukinya Queen of Flower.

Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan oleh tanaman ini. Nama ilmiah untuk bunga mawar adalah Rosa sp. Mawar tumbuh subur di daerah beriklim sejuk terutama di belahan bumi utara, sehingga lebih dari 100 spesies mawar ditemukan di belahan bumi utara.

Batang pohon mawar berbentuk bulat tegak berkayu, dengan dilengkapi duri – duri pada permukaan batangnya. Duri – duri ini berfungsi sebagai pegangan atau pengait pada saat pohon mawar tumbuh menempel pada batang pohon lain ataupun benda disekitarnya. Selain itu duri – duri ini juga berfugnsi sebagai alat perlimdungan diri dari gangguan mahluk hidup lain.

Bunga mawar berkembang biak dengan menghasilkan biji. Satu bunga menghasilkan satu buah rose hips dengan banyak biji didalamnya. Beberapa spesies mawar menghasilkan rose hips yang kaya akan vitamin C. Penyebaran bunga mawar secara alami dibantu oleh burung pemakan buah. Biji yang terdapat pada buah mawar akan tersebar bersama dengan kotoran burung.
Seiring berjalannya waktu banyak uji coba dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat dalam perkembang biakan mawar dengan cara penyambungan maupun pencangkokan.

Rose hips
Keharuman bunga mawar menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta mawar. Oleh karena itu muncullah tempat – tempat penyulingan minyak mawar untuk menghasilkan minyak atsiri dengan wangi harum mawar. Negara-negara di benua eropa banyak terdapat penyulingan minyak mawar yang mampu menyuplai hingga 80%kebutuhan minyak mawar didunia. Minyak bunga mawar yang dihasilkan sudah sejak lama digunakan sebagai bahan baku untuk produk pewangi, sabun, pelembab kulit, dan obat-obatan.

Disamping itu, bunga mawar juga digunakan sebagai sebuah perlambangan, seperti perlambangan cinta, kecantikan, keanggunan, kasih sayang, ketulusan, kesucian, sebagai bunga Negara, sebagai lambang perdamaian.

 
Mawar kuning
Mawar pink 













Mawar putih

Minyak mawar

0 comments:

Post a Comment